Sabtu, 20 April 2013

INVESTASI : PILIHAN TEPAT DALM BERBISNIS



Mungkin kita sering mendengar istilah INVESTASI. Namun, taukah anda apa maksud dari kata itu sebenarnya?? Berikut ini akan kami paparkan sedikit mengenai investasi dan beberapa hal yang terkait dengan itu

Investasi : Definisi dan Tujuan

Investasi adalah mengeluarkan sejumlah uang atau menyimpan uang pada sesuatu dengan harapan suatu saat mendapat keuntungan financial. Contoh investasi adalah pembelian berupa asset financial seperti obligasi, saham , asuransi. Dapat juga pembelian berupa barang seperti mobil atau property seperti rumah atau tanah. Sedangkan menurut Sunariyah, Investasi adalah penanaman modal untuk satu atau lebih aktiva yang dimiliki dan biasanya berjangka waktu lama dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa-masa yang akan datang.
Lebih luasnya investasi dapat berarti pembelian barang modal untuk produksi dalam suatu usaha misalnya pembelian mesin. Bahkan pemberian pendidikan dan pelatihan bagi karyawan yang membuat lebih mahir dalam bekerja bisa dikatakan sebagai investasi. Kesamaan dari semua investasi diatas adalah harapan memperoleh keuntungan (gain) di kemudian hari.
Menurut hemat penulis, investasi sama seperti menanam pohon. Semakin baik dan bagus perawatannya, semakin besar  maksimal juga hasil yang akan didapat. Tujuan dari penanaman itu agar jika sudah waktunya, kita akan memanen hasil dari tanaman tersebut. Dengan menanam modal, seorang investor telah memikirkan masa depannya, karena secara fakta yang ada, kebutuhan hidup manusia terus meningkat sering perkembangan zaman. Namu perlu diingat, investasi pasti memiliki resiko yang harus siap diterima sewaktu-waktu. 

Manfaat dan Perangkat Investasi

                Investasi sebenarnya sangat mudah dan menjanjikan. Dengan menanam modal yang ada, kita tidak perlu menghabiskanwaktu untuk mengelola bisnis atau usaha yang dijalankan. Jadi, investasi sangat cocok bagi orang-orang yang memiliki kelebihan dana, namun tidak punya waktu untuk mengelolanya. Dalam investasi, ada dua pihak yang terlibat. Pemilik modal disebut INVESTOR, sedangkan yang menjalankan bisnis disebut PENGELOLA/MANAGEMEN. Dengan modal kepercayaan dan tanggungjawab, pengelola harus meyakinkan investor agar mau menginvestasikan uangnya agara bisa dikelola dan dikembangkan dengan system bagi hasil.
Secara umum, yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan investasi adalah:
  1. Pilihan bisnis/usaha yang akan ditekuni. Dengan melihat peluang, kita akan menemukan bisnis apa yang cocok, tepat dan menguntungkan bagi kedua pihak dengan resiko yang minim. 
  2. Memilih pengelola yang tepat untuk mejalankan usaha. Selektif adalah kata yang tepat. Tidak sembarang orang bisa dipercaya untuk menjankan usaha tersebut. Keuletan, profesionalitas, kreatifitas dan inovasi sangat dibutuhkan oleh pengelola. 
  3.  System bagi hasil. Komponen ini juga dianggap penting agar tidak ada yang merasa dirugikan. Besaran persentase dalam bagi hasil tidak mutlak, berapapun tidak jadi masalah asalkan keduanya sepakat dan rela.
So….berani berinvestasi??? Silahkan tentukan pilihan bisnis yang tepat, sesuai dengan “dana” yang dimiliki. Selektiflah memilih pengelola agar managemen yang baik bisa tercapai. 

SELAMAT BERINVESTASI DAN SELAMAT SUKSESS..!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar